Pada tahun 1798 ada suatu pertunjukan drama di satu daerah di eropa, yang mempertunjukan semacam suatu protes atau untuk menyindir siapapun termasuk raja, penguasa daerah, dan siapapun. drama itu dinamakan blue devils. Yang kemungkinan nama blues diambil dari situ.
Di ruang gelap dan pengap, di tempat penampungan para budak. Terdengar nyanyian yang penuh rintihan dari perasaan terkukung, yang memenuhi suasana tanah pertanian Amerika yang dingin, sombong dan membosankan. Tradisi oral (bernyanyi tanpa musik) dari budak asal Afrika tersebut, lambat laun mengalami akulturisasi dengan musik tradisional Eropa, dan melahirkan sebuah aliran musik baru, bernama blues.
Dan mereka menyanyikan blues dengan mengeluarkan isi hati mereka. sebagai budak yang tertindas.
Mereka memainkan musik apa adanya dan mengeluarkan perasaan yang mereka alami.

Banyak diantara mereka dijadikan pekerja tambang yang setiap hari menggunakan kereta tambang (semacam lokomotif yang cara jalannya harus dipompa). Nah dari sinilah rhythem/tempo dan ketukan blues itu didapatkan, karena yang biasa mereka dengar itu suara kereta yang bunyinya… jek..jek jek…jek jek…jek jek… Pola dan tempo yang teratur itu secara tak sadar menjadi pondasi dari rhythem blues, makanya basic pattern untuk blues kayak bunyi kereta. Selanjutnya berkembang ketika perbudakan mulai dilarang, kulit hitam masih diburu, digantung, disiksa. Waktu itu adalah masa yang sangat buram dan menyedihkan. Sehingga banyak budak-budak yang menyanyikan lagu secara asal dan terdengar murung , sedih (bayangkanlah feelnya) dengan suara yang mengayun sendu menggunakan satu vocal sebagai ratapan dan hiburan bagi mereka. Blues semakin berkembang menjadi musik spiritual dan pujian yang muncul dari komunitas mantan budak-budak tersebut di AS. Hingga akhirnya teori dan penggunaan blue note pun muncul menerapkan pola call-and-response di mana dua kalimat diucapkan/dinyanyikan oleh dua orang secara berurutan dan kalimat keduanya bisa dianggap sebagai jawaban bagi kalimat pertama.

Akhir abad ke-19, musik Blues mulai mendominasi daerah pinggiran di bagian selatan Amerika. Baru pada tahun 1910, istilah Blues resmi dipakai. Blues yang pertama kali direkam adalah karya Hart Wand ( dallas blues ) pada tahun 1912.

Lalu di ikuti oleh Bo carter, Blind Lemon Jefferson, Lonnie Johnson, Tampa red, Blind Blake dan banyak lagi.
dan semakin berkembang dan berkembang terus sampai tahun sekarang dan menjadi sumber awal dari berbagai macam aliran music termasuk jazz, rock n roll, funk ,r&b dan banyak lagi.

Permainan gitar pada musik Blues, populer pada abad ke-20. Sebelumnya para musisi Blues sering memakai banjo selama bertahun tahun, dan musik Blues pun terus berkembang. Bahkan di setiap daerah Amerika, melahirkan warna musik Blues yang berbeda seperti Chicago Blues (Willie Dixon, Muddy Waters, Koko Taylor), Delta Blues (Robert Lockwood jr, Robert Johnson), East Cost Blues (John Jackson) dan Texas Blues (Mike Morgan & The Crawl).

Perkembangan teknologi dalam instrumen musik, kemudian melahirkan warna baru seperti electric Blues, electric harmonica Blues, modern acoustic Blues dan modern electric Blues yang muncul pada awal dekade 60-an.

Modern electric Blues adalah subgenre Blues yang paling populer hingga saat ini. Dari genre tersebut, lahir puluhan tokoh musik Blues seperti B.B. King, Buddy Guy, John Lee Hocker, Johnny Winter, Koko Taylor, Robert Cray, Taj Mahal, Dave Hole, Tinsley Ellis Freddie King, Stevie Ray Vaughan dan Kenny Wayne Shepherd,jeff back,uriah heep.

Para musisi Inggris seperti Eric Clapton, The rolling Stones, John Mayal dan Bluesbreaker akhirnya memberi suasana baru bagi para musisi Blues Amerika. Invasi British Blues ini memicu musisi asal Amerika untuk menawarkan warna baru musik Blues. Setelah era kemunculan Jimi Hendrix dengan electric sound yang impresif, banyak bermunculan musisi Blues rock seperti mendiang Stevie Ray Vaughan, Tinsley Ellis, Taj Mahal dan dari generasi muda ada Kenny Wayne Shepherd.

Bahkan di setiap daerah Amerika, melahirkan warna musik blues yang berbeda seperti Chicago Blues (Muddy Waters, Koko Taylor), Delta Blues (Robert Lockwood jr), East Cost Blues (John Jackson) dan Texas Blues (Mike Morgan & The Crawl).

Pola dasar blues rhythem

dalam sebuah musik, pasti terdiri dari banyak bar, setiap bar itu mempunyai tempo/ketukan, ada musik yang dari awal sampai akhir memiliki ketukan yang sama, misalnya birama 4/4

Dari gambar diatas, kita melihat partiture yang di bagi menjadi 4 kolom/pembatas, nah masing-masing kolom itu di namakan bar, sedangkan angka 1 dampai 4 di dalam tiap-tiap bar itu dinamakan ketukan, sehingga dalam contoh birama 4/4 terdiri dari 4 ketukan dalam setiap bar-nya. Sekarang anda sudah ngerti kan apa yang di maksud dengan bar.

* Dalam birama 4/4. Angka “4” yang atas (disebut pembilang) menunjukkan ada “4” ketukan dalam setiap ruangan birama (bar), sedangkan angka “4” yang dibawah (disebut sebagai penyebut) menunjukkan not yang nilainya satu ketukan=¼

* Dalam birama 6/8. Angka “6” yang atas (disebut pembilang) menunjukkan ada “6” ketukan dalam setiap ruangan birama (bar), sedangkan angka “8” yang dibawah (disebut sebagai penyebut) menunjukkan not yang nilainya satu ketukan=1/8

* Untuk yang 8/16 saya rasa sekarang anda sudah bisa menjawabnya sendiri kan. dan saya coba ajukan pertanyaan untuk anda, dari contoh-contoh di atas yang tempo musik yang mana yang paling cepat ?

Rhythem Blues paling mendasar dan sangat umum menggunakan 12 bar dan 8 bar yang disebut Stright Eight. Anda dapat mencari pola rhythem-nya menggunakan skala mayor lalu ambil nada ke I – IV – dan V dari skala mayor sehingga anda mendapatkan progresi chord tonik (I), sub-dominant (IV) dan dominant (V) atau bisa anda buat menjadi dominant ke-7 (V7) Lihat tabel berikut :

Sehingga untuk Root (kolom hijau warna hijau) do = C maka rythem di kunci C – F – G (atau G7). Sedangkan bila root Do = A maka rhythem di kunci A – D – E (atau E7)

Sekarang anda bisa praktekkan pola rhythem blues dasar selama 12 bar dengan kunci A sebagai root/dasar. Silahkan di coba :

Inilah pola rhythem blues (Basic) walaupun masih sangat sederhana tetapi saya harap pengenalan ini sudah dapat sedikit mengantarkan anda ke feel blues.

sumber
-kaskus