Leo Fender

Perusahaan mulai sebagai Fender Radio Service pada akhir 1938 di Fullerton, California, Amerika Serikat. Sebagai teknisi elektronik yang berkualitas, Leo Fender telah diminta untuk memperbaiki tidak hanya radio, tetapi fonograf pemain, rumah amplifier audio, sistem alamat publik dan amplifier alat musik. (Pada saat itu, sebagian besar hanyalah variasi pada beberapa sirkuit vakum-tabung sederhana.) Semua desain didasarkan pada penelitian yang dikembangkan dan dirilis ke dalam domain publik dengan Western Electric di ’30s, dan digunakan tabung hampa udara untuk amplifikasi. Bisnis juga absen dalam menjalankan catatan untuk penjualan dan penyewaan sistem PA dirancang sendiri-dan-dibangun. Leo menjadi tertarik dengan cacat desain pada saat amplifier alat musik, dan ia mulai membangun kebiasaan-amplifiers beberapa berdasarkan desain sendiri atau modifikasi pada desain.
Pada awal 1940-an, ia bermitra dengan yang lain antusias elektronik lokal bernama Clayton Orr “Doc” Kauffman, dan bersama-sama mereka membentuk sebuah perusahaan bernama K & F Manufacturing Corp untuk mendesain, memproduksi dan menjual alat-alat listrik dan amplifier. Produksi dimulai pada 1945 dengan gitar baja putaran Hawaii (dilengkapi pickup dipatenkan) dan amplifier, yang dijual sebagai set. Pada akhir tahun, Fender telah menjadi yakin bahwa manufaktur lebih menguntungkan daripada perbaikan, dan ia memutuskan untuk berkonsentrasi pada bisnis itu. Kauffman tetap yakin, bagaimanapun, dan mereka telah berpisah secara damai oleh 1946 awal. Pada saat itu Leo berganti nama perusahaan yang Fender Electric Instrument Company. Layanan toko tetap buka sampai 1951, meskipun tidak Leo Fender pribadi mengawasi setelah 1947.
Seri amplifier besar pertama dibangun pada tahun 1948. Ini dikenal sebagai ampli wol, karena mereka tercakup dalam jenis kain yang sama yang digunakan untuk bagasi pada saat itu. Ampli ini bervariasi dalam output dari 3 watt sampai 75 watt. Periode ini adalah salah satu inovasi dan perubahan; Sementara Leo membuat Tweed Princeton pada tahun 1948 selama 8 string gitar Profesional Lap Steel [sangat pendek hidup, karena nanti ia akan fokus pada 6 model string Mahasiswa] kemudian Princeton akan menjadi push-pull kelas AB amp tabung, pada tahun 1948 itu adalah Kelas berakhir tunggal Sebuah penguat mirip dengan Champ Fender, dengan output trafo dipasang ke frame pembicara dan kehilangan umpan balik negatif. Selain itu, di tahun 1964, Tweed Champ amp akan diterbitkan kembali dalam tolex hitam dalam jumlah kecil sepanjang dengan model yang lebih baru dengan panel depan penyimpangan dan kontrol; kotak kayu lapis ditumpuk Leo digunakan sering pergi uninventoried. Pada tahun 1963-an, ia menemukan beberapa ratus kotak chassis Tweed Champ dalam tempat sampah. Ia telah mereka chrome dan dicetak pada 1958; menjadi hemat, ia membangun mereka dalam tolex hitam dengan chrome dan hitam papan nama Champ, karena ia punya uang diikat di dalamnya sudah.
Fender pindah ke penutup Tolex untuk ampli brownface pada tahun 1960, dengan pengecualian Champ yang terus wol sampai 1964. Fender juga mulai menggunakan Oxford, Utah dan speaker CTS bergantian dengan Jensens, umumnya speaker yang bisa diberikan paling ekonomis akan digunakan. Jensens dan oxfords tetap yang paling umum selama periode ini. Dengan 1963 amplifier Fender memiliki meliputi Tolex hitam, kain gril perak, dan hitam menghadap ke depan panel kontrol. tremolo itu berubah menjadi sirkuit sederhana berdasarkan coupler optik dan hanya membutuhkan satu tabung. Ampli masih membentang spektrum dari 4 hingga 85 watt, tetapi perbedaan dalam volume yang lebih besar, karena nada, memperbaiki bersih dari Twin 85w.
Fender berutang keberhasilan awal tidak hanya pendiri dan asosiasi berbakat seperti musisi / produk insinyur Freddie Tavares tetapi juga upaya mitra penjualan kepala, senior dan pemasaran jenius Don Randall. Menurut The Chronicles Stratocaster (sebuah buku oleh Tom Wheeler;. Hal Leonard Pub, Milwaukee, WI, 2004, hal 108), Mr Randall dirakit apa asli pasangan Mr Fender’s Doc Kauffman disebut “distributor penjualan seperti tidak ada yang pernah melihat di dunia “bekerja. Randall erat dengan fotografer sangat berbakat / desainer Bob Perine. Katalog dan iklan mereka – seperti diilhami “Anda tidak akan Bagian Dengan Hormat Entah” kampanye, yang menggambarkan orang-orang berselancar, ski, skydiving, dan naik ke pesawat jet, sambil memegang Jazzmasters dan Stratocaster – ditinggikan merchandising gitar sekali-tenang dan serius untuk suatu bentuk seni. Dalam literatur gitar Fender tahun 1960-an, menarik, remaja gitar-toting yang berpose dengan papan selancar dan konversi klasik Perine’s Thunderbird pada setelan tepi pantai lokal, tegas mengintegrasikan Fender ke / batang panas Surfin ‘/ mobil sport budaya California Selatan dirayakan oleh Beach Boys , pantai film, dan musik surfing. (Stratocaster The Chronicles, oleh Tom Wheeler; Hal Leonard Pub, Milwaukee, WI;. 2004, hal 108). Ini kesuksesan awal secara dramatis diilustrasikan oleh pertumbuhan kapasitas produksi Fender lewat 1950-an dan 1960-an.