Munculnya musik Hardcore pada tahun 1970-an.Hardcore awalnya berasal dari musik punk, ada 3 Band yang awalnya membentuk aliran musik hardcore ini. Musik Hardcore ini juga banyak disebut sebagai musik underground karena kebanyakan komunitas musik ini tidak dipublikasikan ke masyarakat dan khlayak luas. Orang tidak akan mengenal siapa sajayang ada di musik Hardcore ini karena tidak mempunyai karakter yang subjektif, musik punk disini dapat dipublikasikan dan dapat dikenal dari ciri khas dan gaya – gaya mereka. dan dikomunitas Hardcore ini tidak memandang profesi siapa dan darimana asal serta umur orang itu.

Di aliran musik ini terdiri dari 3 Band yang mendirikannya, Pertama yaitu Bad Brain yang menyebarkan aliran Hardcore dengan mengadakan konser – konser disebagian kota, sehingga musik Hardcore dapat dikenal oleh khalayak dan masyarakat luas.

Kemudian yang kedua yaitu ada Bad Flag, mereka membentuk aliran ini dengan merubah aransemen lagu step – step menjadi lebih cepat, sehingga Hardcore mempunyai karakter musik sendiri.

dan ketiga adalah Minor Threat pada Band ini yang membedakan antara musik Punk dan Hardcore dengan menyerukan straight age pada komunitasnya yaitu dengan mengajak komunitas Hardcore untuk hidup lebih positif karena pada era tahun 1970-an tersebut banyak pemuda yang menyukai aliran punk yang meninggal dunia dengan sia – sia dikarenakan Narkoba. Minor Threat mengajak bahwa Hardcore yang beraliran keras bukan berarti harus memakai dan menggunakan Narkoba. Straight Age yang kemudian pecah menjadi 2 bagian,yaitu bagian positif yaitu pengikut dari Vegetarian sampai tidak yang merokok, sedangkan bagian yang Negatif kebalikannya.

Sejarah Hardcore Punk

Musik Hardcore Punk adalah lanjutan dari musik Punk Rock atau pendalaman musik Punk Rock yang lebih dinamis,agresif, dan lebih cepat di tahun awal 80’an.salah satu penemu Hardcore Punk adalah :

Black Flag

Dialah penemu pertama musik ini, kalau didengar-dengar lagunya rock and roll dan punk rock nya masih kental yang berfilosofi masih sex,drugs, and rock and roll. tapi menginfluensikan semua band hardcore punk lainya.

Bad Brains

Inilah yang paling unik dari ketiga penemu Hardcore Punk, orang kulit hitam/negro memainkan musik punk rock/hardcore dan dianggap menjadi hal yang biasa. Dengan lagu yang terkenal seperti Pay to Cum, Banned in DC, dan Right Brigade, ia terangkat menjadi orang yang paling dihargai dalam musik Hardcore.Bad brains adalah Rastafarian, adalah sebuah gerakan orang hitam Jamaika yang menyebar di Amerika.

Minor Threat

Inilah band sang pembuat istilah straight edge, dengan munculnya band ini baru ada yang namanya istilah hardcore dari musik punk rock di awal 80’an.Namun sayangnya band ini bubar di tahun 1983, dan sang vokalis Ian Mackaye membuat band baru yang bernama Fugazi yang melahirkan subgenre dari hardcore punk, yaitu Post-hardcore (campuran indie rock dan hardcore punk).

Band Hardcore Punk 80’an lainya:

MDC (Millions of Dead Cops)

Yang unik dari band ini adalah liriknya menceritakan kebencianya terhadap aparat yang pada zaman itu main kekerasan tanpa memikirkan keputusan yang lebih lebih baik(namanya juga udah ketauan ”Jutaan Polisi Mati”)

Adolescents

Band ini berasal dari Orange County, California. Dengan vokalisnya Tony Cadena yang sangat enerjik dan uniknya kalau melakukan konser sambil pencilaan, bahkan dia pernah melempari kucing ke kerumunan penonton (kasihan penonton nya dong di cakarin kucing hehe)

Subgenre Hardcore Punk

Setelah merajalelanya musik hardcore punk, akhirnya diakui sebagai aliran underground pertama tanpa bantuan pihak perusahaan musik sedikit pun, budaya ini disebut DIY (Do It Yourself), dan subgenre dari Hardcore Punk bermunculan (subgenre nya lebih dari 20 loh tapi saya menyebutkan sebagian nya saja hehe) contohnya:

Melodic Hardcore (biasanya disebut Melodic Punk,Melodic, atau Skate Punk)

Yup, inilah aliran pertama yang keluar dari Hardcore Punk, bedanya lebih halus di vokal dan biasanya agak biasa didengar diantara keras dan tidak keras, dan temponya tetap cepat, salah satu band nya adalah:

NOFX

Bad Religion

Rise Against

Post-Hardcore

Nah inilah salah satu subgenre Hardcore Punk yang agak kompleks untuk dijelaskan karena orang awam beranggapan Post-Hardcore adalah musik screamo atau yang biasanya disebut emo, tapi kita lihat terlebih dahulu asalnya. Sebenarnya Post-Hardcore adalah aliran subgenre Hardcore Punk campuran dengan elemen indie rock dan noise rock, dan berevolusi menjadi emo jadi orang salah kaprah dengan aliran Post-Hardcore, contoh band Post-Hardcore adalah:

Fugazi

Embrace

Crossover Thrash

Musik ini muncul berbarengan dengan musik Thrash Metal, tetapi ini lebih memunculkan sisi Hardcore nya, banyak band2 Hardcore Punk beralih ke aliran subgenre ini, cirinya Tempo Hardcore, memakai rythm drop (rythm Metal), gaya vokal shouting khas Hardcore Punk,contoh band nya adalah:

Agnostic Front

Suicidal Tendencies

D.R.I (Dirty Rotten Imbeciles)

Metalcore

Inilah genre Hardcore Punk yang paling brutal, dengan teriakkan growl khas metal atau shouting khas Hardcore, aliran ini berkembang pesat setelah munculnya band2 Crossover Thrash. Dan sekarang menjadi sukses (dan ironisnya pasaran), salah satu band HC Metalcore(kita tidak membahas metalcore kacangan alias metalcore pasaran):

Earth Crisis

Terror

Shai Hulud

Integrity

Yup inilah yang saya bisa lihatkan salah satu subgenre2 dari Hardcore Punk, bagaimana dengan Hardcore tanah air??

Local Hardcore Punk Bands

Musik Hardcore Punk muncul di tanah air di tahun akhir 80’an, yang pertama nya masih agak bercampur dengan musik punk rock, dan scene nya masih bersifat street punk, dan akhirnya tahun 90’an scene Hardcore Punk memisahkan diri dari scene Punk, contoh band Hardcore Punk tanah air adalah:

Straight Answer

Final Attack

Dead Pits

Septictank

Refleksi Diri For All Hardcore Guys

Memang musik Hardcore Punk musik yang sangat berpengaruh ke semua musik-musik cadas di dunia, ironisnya tidak pernah diakui oleh mainstream (coba tanya aja orang awam pasti gak tahu hardcore), tetapi setidaknya kita bangga bahwa orang sebelum kita sudah memperjuangkan sebuah aliran ini, dan kita tinggal menikmati hasilnya saja, dan alhamdulilah tahun 2010 ini scene Hardcore agak meningkat ke permukaan, dan insya allah 2-3 tahun lagi kita akan menciptakan Second Wave of Hardcore.

sumber
-http://brayzone.yolasite.com/all-about-punk/hardcore-punk-bapak-dari-segala-musik-cadas-
-http://hotnews-newsupdate.blogspot.com/2009/01/sejarah-musik-hardcore.html