Moshing adalah kegiatan berekspresi menikmati musik yang membentur benturkan tubuh ke tubuh orang lain bahkan gampar-gamparan dalam sebuah konser musik. Moshing biasanya ada di konser dengan aliran musik yang ekstrim, seperti metal, grindcore, dan juga grunge.

Moshing berakar dari tarian anak punk atau disebut pogo yang muncul pertama kali pada tahun 1970an. Tarian ini mengikuti irama musik dengan ciri membenturkan badan, lompat dari panggung, dan gerakan rusuh lainnya, yang dilakukan umumnya tepat di depan bibir panggung. Yang paling ekstrim adalah gerakan membenturkan kelompok penonton di depan panggung yang dikomandoi oleh band yang sedang manggung dan gerakan gampar menggampar ketika ada yang mendekat. Aliran lain yang mengikuti adalah punk hardcore dan juga grindcore pada awal tahun 80an, serta grunge pada tahun 90an.

Moshing memang terjadi di konser musik band, tetapi tidak jarang juga banyak band yang tidak suka bahkan melarang moshing, di antaranya adalah Pearl Jam, Smashing Pumpkins, dan Dream Theater. Billy Corgan, frontman Smashing Pumpkins menyatakan “against moshing”. Tidak mengherankan karena di konser mereka ada korban jiwa yang tewas gara-gara moshing ini. Mike Portnoy, mantan drummer Dream Theater, menginginkan adanya penonton yang tenang jauh dari patah kaki atau bagian badan lainnya ketika menonton konser.

Dari berbagai pengalaman, moshing selayaknya menjadi telaah kaum penikmat musik metal, agar dapat ditinjau kembali sebelum melakukannya, sehingga musik keras dapat dinikmati dengan baik tidak hanya oleh kita tapi juga orang lain.